Pengendalian Kualitas batubara Berdasarkan Analisis Proksimat di PT. Pelabuhan Universal Sumatera Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Febryanti, Febryanti (2022) Pengendalian Kualitas batubara Berdasarkan Analisis Proksimat di PT. Pelabuhan Universal Sumatera Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_12_FEBRIYANTI_17137006_3742.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT. Pelabuhan Universal Sumatera merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa kepelabuhan yang menangani bongkar muat batubara. Pendistribusian batubara di PT. Pelabuhan Universal Sumatera tidak berlangsung setiap hari, melainkan tergantung permintaan konsumen, oleh karena itu terjadi penumpukan batubara dalam jangka waktu yang lama. PT. Pelabuhan Universal Sumatera belum pernah melakukan pengujian kualitas batubara. Sementara itu, di dalam Kepmen ESDM Nomor 1827 Tahun 2018 dijelaskan bahwa, pada kegiatan penumpukan, harus dilakukan upaya untuk menjaga kualitas batubara yang ditumpuk. Salah satu upaya untuk menjaga kualitas batubara yaitu dengan melakukan pengujian kualitas. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kualitas batubara dan peringkat batubara, serta faktor apa saja yang dapat menyebabkan perubahan nilai kualitas batubara. Untuk menentukan kualitas batubara, digunakan analisis proksimat dengan parameter pengujian yaitu, total moisture (TM), ash content (AC), volatile matter (VM), fixed carbon (FC), dan calori value (CV). Berdasarkan hasil pengujian di laboratorium kualitas batubara di PT. Pelabuhan Universal Sumatera tidak mengalami perubahan yang signifikan yakni nilai total moisture pada batubara di stockpile 13,58 sementara pada tongkang 15,21, nilai ash content pada batubara di stockpile 3,09 sementara pada tongkang 3,27, nilai volatile matter pada batubara di stockpile 51,51 sementara pada tongkang 51,11, dan nilai calori value pada batubara di stockpile yaitu 5411,90 sementara pada tongkang 5397,75. Hal ini dapat diasumsikan bahwasanya batubara pada PT. Pelabuhan Universal Sumatera dikategorikan pada peringkat subbituminous B (berdasarkan klasifikasi batubara menurut ASTM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorPrabowo, HeriUNSPECIFIED
CorrectorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Batubara
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:10
Last Modified: 24 Mar 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43103

Actions (login required)

View Item View Item