Pengaruh Penggunaan Roller Racing Terhadap Torsi dan Daya Honda Vario Tahun 2019

Rahmadani, Faro (2022) Pengaruh Penggunaan Roller Racing Terhadap Torsi dan Daya Honda Vario Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_FARO_RAHMADANI_19073108_2427.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Pengendara sepeda motor Vario tahun 2019 mengeluhkan merasa kurang terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh sepeda motor keluaran pabrik. Contohnya ketika pengendara sepeda motor ini melewati jalur tanjakan. Pada umumnya pemilik sepeda motor merasakan kurang maksimalnya tenaga yang dihasilkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan roller racing terhadap torsi dan daya sepeda motor Vario Tahun 2019. Penelitian ini memakai tata cara eksperimen. Penelitian eksperimen kerap digunakan untuk mencari pengaruh diantara variabel- variabel yang terdapat dan untuk pengujian hipotesis. Penelitian eksperimen ini memakai treatment ataupun perlakuan terhadap kelompok tertentu, serta setelah perlakukan yang dicoba diadakan penilaian buat memandang pengaruhnya. Penelitian ini memakai model eksperimenHasil dari penelitian ini pada roller standar didapatkan hasil rata-rata hasil pengujian torsi maksimal 10.88 N.m pada putaran mesin 6730 RPM dan daya maksimal 11.71 HP pada putaran 7850 RPM.Pada roller 12 gram didapatkan hasil dapat rata-rata pengujian torsi maksimal 12.60 N.m pada putaran mesin 6946 RPM dan daya maksimal 12.36 HP pada putaran mesin 6967 RPM. Berdasarkan hasil pengujian terjadi kenaikan torsi dan daya dengan persentase kenaikan torsi 13.7% dan persentase kenaikan daya 5.3% dari torsi dan daya yang dihasilkan menggunakan roller standar. Sedangkan pada roller 9 gram didaptkan rata-rata hasil pengujian torsi maksimal 12.70 N.m pada putaran mesin 6866 RPM dan daya maksimal 12.29 HP pada putaran mesin 6870 RPM. Berdasarkan hasil pengujian terjadi kenaikan torsi dan daya dengan persentase kenaikan torsi 14.3% dan persentase kenaikan daya 4.7% dari torsi dan daya yang dihasilkan menggunakan roller standar.Kesimpulan yang bisa didapatkan dari hasil penelitian diatas mulai dari penjabaran latar belakang masalah identifikasi masalah maka yang dapat disimpulkan pada penelitian ini, dari ketiga roller yang telah dilakukan pengujian torsi dan dayanya didapatkan hasil torsi paling besar terdapat pada roller 9 gram dan daya yang dihasilkan paling besar terdapat pada roller 12 gram..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, ErzeddinUNSPECIFIED
CorrectorRifdarmon, RifdarmonUNSPECIFIED
CorrectorAfnison, WandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Roller Racing, Torsi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:01
Last Modified: 24 Mar 2023 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43099

Actions (login required)

View Item View Item