Pengaruh Penggunaan E-Modul Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Fase F

Defri, Dinda Kimala and Yerimadesi, Yerimadesi (2023) Pengaruh Penggunaan E-Modul Asam Basa Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Fase F. Jurnal Pendidikan MIPA, 13 (1). pp. 218-223. ISSN Print: 2088-0294 dan Online: 2621-9166

[img]
Preview
Text
2023_Dinda_KD_Yerimadesi_JURNAL_PENDIDIKAN_MIPA_13_1_ 218_223.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul asam basa berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik SMA fase F. Penelitian quasi experimental ini menggunakan desain randomize control-group posttest only design. Populasi terdiri dari 177 orang peserta didik kelas XI fase F SMA tahun ajaran 2022/2023. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan memilih dua dari lima kelas secara acak. Sampel yang terpilih terdiri dari 36 orang peserta didik kelas eksperimen dan 35 orang peserta didik kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes yang berjumlah 15 soal. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan independent t test karena terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Dari hasil analisis data diperoleh sig (2-tailed) < 0,05; yang berarti hasil belajar kelas eskperimen lebih tinggi secara signifikan dari kelas kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan e-modul asam basa berbasis guided discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik SMA fase F.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 21 Mar 2023 06:51
Last Modified: 21 Mar 2023 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43098

Actions (login required)

View Item View Item