Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 5 Padang

Fitriani, Mediana and Yerimadesi, Yerimadesi (2022) Pengaruh Penerapan Model Guided Discovery Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 5 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (1). pp. 7948-7954. ISSN Print: 614-6754 - online: 2614-3097

[img]
Preview
Text
2022_Mediana_F_Yerimadesi_Y_6_1_7948_7954.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/365...

Abstract

Hasil belajar kimia di SMAN 5 Padang masih tergolong rendah karena kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan masih membutuhkan bimbingan belajar dari guru. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yakni dengan menerapkan model GDL berbasis LSLC. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model GDL berbasis LSLC terhadap hasil belajar siswa pada materi faktor pergeseran kesetimbangan di SMAN 5 Padang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji N-gain dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian nilai N-gain kelas eksperimen (0,63) lebih tinggi dari kelas kontrol (0,55). Data terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t diperoleh t hitung (2,180) > t tabel (0,185). Data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model GDL berbasis LSLC lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa tanpa model GDL berbasis LSLC. Disimpulkan bahwa penerapan model GDL berbasis LSLC berpengaruh pada materi kesetimbangan kimia di SMAN 5 Padang

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:50
Last Modified: 21 Mar 2023 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43089

Actions (login required)

View Item View Item