Pengembangan Instrumen Five-Tier Multiple Choice pada Materi Gerak Lurus untuk Menilai Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA Kelas X

Hidayatullah, Hidayatullah (2022) Pengembangan Instrumen Five-Tier Multiple Choice pada Materi Gerak Lurus untuk Menilai Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_HIDAYATULLAH_18033006_1162_2022.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Kebanyakan siswa masih belum memahami konsep dari materi yang dipelajarinya, terutama konsep pada materi gerak lurus. Pemahaman konsep siswa bisa di golongkan menjadi paham konsep, tidak paham konsep dan miskonsepsi. Pemahaman konsep siswa bisa diidentifikasi dengan menggunakan tes diagnostik. Akan tetapi tes diagnostik ini masih belum tersedia disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen five-tier multiple choice pada materi gerak lurus yang valid secara isi dan kontruk, reliabel, serta memiliki daya beda dan indeks kesukaran soal yang baik. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Development/Design Research dengan model Plomp. Langkah dalam penelitian ini adalah Preliminary Research dan Prototype Phase. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan angket observasi, tes konsep siswa, lembar self evaluation, lembar validasi isi, lembar praktikalitas dan data hasil uji field test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, teknik coding, formula V Aiken’s dan formula product moment. Pada penelitian pendahuluan didapatkan guru masih kurang mendapatkan informasi terkait instrumen tes menganalisis pemahaman konsep siswa, selain itu siswa masih banyak mengalami miskonsepsi pada beberapa sub materi gerak lurus. Validitas isi instrumen sudah berada pada kategori sangat valid. Untuk nilai praktikalitas serta hasil uji one to one juga sudah sangat bagus dengan persentase antara 80% hingga 100%. Untuk nilai validitas kontruk tier-1, tier-3 dan tier-5 sudah valid dengan rentang nilai rxy 0,3 hingga 0,6. Untuk nilai reliabilitas pada tier-1, tier-3 dan tier-5 sudah bagus dengan mendapatkan nilai 0,730, 0,775 dan 0,750. Untuk daya beda dan indeks kesukaran sudah bagus dengan indeks kesukaran soal yaitu sedang dan mudah. Dengan hasil ini maka instrumen five-tier multiple choice layak untuk digunakan dalam menganalisis pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 21 Mar 2023 00:47
Last Modified: 21 Mar 2023 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43071

Actions (login required)

View Item View Item