Penerapan Model Project Based Learning dalam Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.

Fauzi, Azmul (2022) Penerapan Model Project Based Learning dalam Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_AZMUL_FAUZI_18067064_3788.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting. Capaian kompetensi menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran. Menurunnya capaian kompetensi siswa terhadap mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur kelas XI TP 2 grup A di SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih rendah di buktikan dengan rendahnya hasil ujian akhir semester ganjil tahun 2021/2022 terdapat siswa belum memenuhi standar penilaian KKM yang diakibatkan model pembelajaran dipakai pendidik belum cukup bervariasi. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kompetensi siswa dengan pengaplikasian model pembelajaran berbasis project based learning (PjBL). Penelitian yang dilakukan memakai metode penelitian classroom action research. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI TP 2 Grup A bertotal 13 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan di bulan September-Oktober 2022 memiliki 2 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian proyek siswa dan soal tes pilihan ganda. Hasil pengamatan capaian kompetensi siswa siklus 1 belum memenuhi standar kompetensi dasar memahami dan manyajikan pembuatan gambar detail komponen mesin dengan CAD 2 dimensi yang telah ditetapkan dalam lembar penilaian proyek diantaranya siswa belum mampu untuk membuat gambar proyeksi, gambar detail potongan dan menerapkan pemberian ukuran dan siswa masih dituntun dalam menyelesaikan tugas proyek dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 61,5 % dengan 8 siswa yang tuntas. Kemudian pada hasil pengamatan capaian kompetensi siswa siklus 2 terjadinya peningkatan capaian kompetensi siswa dalam memahami dan manyajikan pembuatan gambar detail komponen mesin dengan CAD 2 dimensi diantaranya siswa sudah mampu untuk membuat gambar proyeksi, gambar detail potongan, menerapkan pemberian ukuran dan mendemonstrasikan pembuatan gambar detail komponen mesin dengan CAD 2 dimensi dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siklus 2 sebesar 92,31 % dengan 12 siswa yang tuntas. Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 75 dengan ketuntasan klasiklal minimal 85%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) di mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur dapat meningkatkan kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Dalima YantiUNSPECIFIED
CorrectorSyahri, BudiUNSPECIFIED
CorrectorNurdin, HendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:20
Last Modified: 20 Mar 2023 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43062

Actions (login required)

View Item View Item