Fauzi, Azmul
(2022)
Penerapan Model Project Based Learning dalam Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting. Capaian kompetensi menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran. Menurunnya capaian kompetensi siswa terhadap mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur kelas XI TP 2 grup A di SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih rendah di buktikan dengan rendahnya hasil ujian akhir semester ganjil tahun 2021/2022 terdapat siswa belum memenuhi standar penilaian KKM yang diakibatkan model pembelajaran dipakai pendidik belum cukup bervariasi. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kompetensi siswa dengan pengaplikasian
model pembelajaran berbasis project based learning (PjBL). Penelitian yang dilakukan memakai metode penelitian classroom action research. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI TP 2 Grup A bertotal 13 orang siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di bulan September-Oktober 2022 memiliki 2 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian proyek siswa dan soal tes pilihan ganda. Hasil pengamatan capaian kompetensi siswa siklus 1 belum memenuhi standar kompetensi dasar memahami dan manyajikan pembuatan gambar detail komponen mesin dengan CAD 2 dimensi yang telah ditetapkan dalam lembar penilaian proyek diantaranya siswa belum mampu untuk membuat gambar proyeksi, gambar detail
potongan dan menerapkan pemberian ukuran dan siswa masih dituntun dalam menyelesaikan tugas proyek dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 61,5 % dengan 8 siswa yang tuntas. Kemudian pada hasil pengamatan capaian
kompetensi siswa siklus 2 terjadinya peningkatan capaian kompetensi siswa dalam memahami dan manyajikan pembuatan gambar detail komponen mesin dengan CAD 2 dimensi diantaranya siswa sudah mampu untuk membuat gambar proyeksi,
gambar detail potongan, menerapkan pemberian ukuran dan mendemonstrasikan pembuatan gambar detail komponen mesin dengan CAD 2 dimensi dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siklus 2 sebesar 92,31 % dengan 12 siswa yang tuntas.
Indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 75 dengan ketuntasan klasiklal minimal 85%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menerapkan model pembelajaran berbasis
project based learning (PjBL) di mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur dapat meningkatkan kompetensi siswa.
Actions (login required)
|
View Item |