Pengembangan Media Power Point Interaktif Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Negeri 4 Kepahiang

Toyo, Amin (2022) Pengembangan Media Power Point Interaktif Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Negeri 4 Kepahiang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_AMIN_TOYO_17073042_2679.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Media Power Point Interaktif Pada Mata PelajaranPemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Negeri 4 Kepahiang. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan kelayakan media power point interaktif yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, (2) Mendeskripsikan karakteristik media power point interaktif yang dikembangkan dan (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media power point interaktif yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu define, design, development. dan desseminate. Produk dibuat menggunakan power point. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini yaitu 29 siswa TKRO kelas XI SMKN 4 Kepahiang di kota Bengkulu. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi menggunakan lembar observasi, angket validasi tim ahli, angket respon siswa serta lembar hasil belajar siswa. Penilaian angket uji validasi dan uji respon siswa diinterpretasikan menggunakan skala likert. Validasi produk dilakukan oleh 2 validator yang ditinjau dari 2 aspek yaitu isi dan media. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase nilai rata-rata 95,5 % dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan persentase nilai rata-rata 86 % . selanjutnya uji t-test mendapatkan hasil bahwa t-test dengan signifikasi 0,00 < 0,05 dan Thitung ( 12,277) > Ttabel (2,0484) dapat dinyatakan bahwa hasil uji t hipotesis bahwa Ha diterima yaitu terdapat perbedaan rerata hasil pretes dan posttes siswa. Selanjutnya hasil uji N-gain score nilai pretest dan postest diperoleh hasil persentase n-gain sebesar 66,39 % hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media power point interaktif pada materi pemeliharaan sistem pelumasan di SMKN 4 kepahiang berada dalam kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
CorrectorAndrizal, AndrizalUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:05
Last Modified: 20 Mar 2023 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43059

Actions (login required)

View Item View Item