Pemanfaatan Video Tutorial pada Mata Pelajaran Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMP Negeri 04 Bukittinggi

Handayani, Elzi Fitri (2022) Pemanfaatan Video Tutorial pada Mata Pelajaran Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMP Negeri 04 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_ELZI_FITRI_HANDAYANI_17004080_5345_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Video tutorial adalah salah satu hal yang sudah diketahui banyak orang, dan videotutorial sangat membantu saat kita tidak mengetahui satu hal pun.Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah pendapat guru dan siswa tentang penerapan video tutorial, serta memahami hambatan yang dihadapi guru dan siswa dalam menerapkan video tutorial di kelas mata pelajaran berorientasi teknologi informasi dan komunikasi. Proses penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dan peneliti sendiri sebagai alat utamanya. Untuk mengumpulkan data, langkah yang digunakan dengan observasi, tanya jawab, dokumentasi dan daftar pertanyaan. Penelitian telah dijalankan di SMP Negeri 04 Bukittinggi dan selesai pada bulan Oktober 2021.Hasil penelitian penggunaan video pembelajaran dalam pembelajaran online Teknologi informasi dan komunikasi sangat bermanfaat bagi guru dan siswa, namun jika dibandingkan pembelajaran dengan penjelasan guru dan pembelajaran melalui video tutorial menunjukkan siswa lebih memilih belajar dengan guru.Hal tersebut dikarenakan pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak mempelajari materimelalui praktik, dan siswa dituntut untuk belajar sendiri dengan video tutorial yang telah disediakan oleh guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorKurnia, Meldi AdeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO TUTORIAL, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Mar 2023 02:13
Last Modified: 20 Mar 2023 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43048

Actions (login required)

View Item View Item