Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learming (PBL) pada di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang

Elpinda, Elpinda (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learming (PBL) pada di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ELPINDA_18129249_4881_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah akibat proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru serta peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Problem Based Learming (PBL) Pada Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian ini didapat dari proses pembelajaran (aktivitas guru dan peserta didik) dan hasil belajar dari sikap, pemgetahuan dan keterampilan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 10 Bandar Buat yang berjumlah 27 orang yang terdiri dai 15 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I 81,31% dengan kualifikasi (B) meningkat menjadi 96,87% pada siklus II dengan kualifikasi (SB). Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, persentase untuk pengamatan aktivitas guru pada siklus I 83,42% dengan kualifikasi (B) meningkat menjadi 96,42% pada siklus II dengan kualifikasi (SB). Pada hasil pengamatan akitivitas peserta didik pada siklus I 83,42% dengan kualifikasi (SB) meningkat menjadi 96,42% pada siklus II dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar tematik terpadu pada penelitian ini untuk siklus I memperoleh rata-rata 82,20 meningkat di siklus II menjadi 89,39. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu pada Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Mar 2023 08:21
Last Modified: 17 Mar 2023 08:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43044

Actions (login required)

View Item View Item