Pengaruh Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) sebagai Antifungi terhadap Pertumbuhan Sclerotium rolfsii secara In Vitro

Oktiana, Fitria (2022) Pengaruh Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) sebagai Antifungi terhadap Pertumbuhan Sclerotium rolfsii secara In Vitro. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_FITRIA_OKTIANA_18032054_670_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sclerotium rolfsii merupakan jamur tular tanah penyebab penyakit busuk pangkal batang yang mengakibatkan tanaman layu dan mati. Serangan S. rolfsii yang menyebabkan kerugian produksi menyebabkan petani melakukan pengendalian dengan fungisida sintetis yang sering menimbulkan dampak negatif, baik untuk lingkungan maupun manusia. Untuk mengatasi dampak negatif fungisida sintetis maka dilakukan pengendalian dengan fungisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun T. catappa terhadap pertumbuhan S. rolfsii dan mengetahui aktivitas antifungi ekstrak daun T. catappa dalam menghambat pertumbuhan S. rolfsii.Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Penelitian Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan menggunakan ekstrak daun T.catappa dengan konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40%, untuk kontrol menggunakan pelarut aquades. Data diameter jamur S. rolfsii dianalisis dengan sidik ragam (ANOVA) dan uji lanjut DNMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun Ketapang (T. catappa) berpengaruh nyata pada konsentrasi 30% dan 40% terhadap diameter koloni jamur. Disimpulkan bahwa ekstrak daun Ketapang (T. catappa) berpengaruh sebagai antifungi terhadap pertumbuhan S. rolfsii. Tingkat aktivitas antifungi pada konsentrasi 10% menunjukkan kriteria lemah, pada konsentrasi 20% menunjukkan kriteria sedang, pada konsentrasi 30% menunjukkan kriteria kuat, dan pada konsentrasi 40% menunjukkan kriteria sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorFifendy, MadesUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:17
Last Modified: 17 Mar 2023 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43036

Actions (login required)

View Item View Item