Kelayakan Lidah Buaya Dan Buah Stroberi Sebagai Masker Untuk Perawatan Rambut Rusak Pada Mahasiswi Tata Rias Dan Kecantikan Universitas Negeri Padang

Wandaria, Farikha Putri (2022) Kelayakan Lidah Buaya Dan Buah Stroberi Sebagai Masker Untuk Perawatan Rambut Rusak Pada Mahasiswi Tata Rias Dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_FARIKHA_PUTRI_WANDARIA_18078006_2949.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rambut berfungsi untuk menunjang penampilan dan menambah kecantikan,juga berfungsi sebagai penghangat dan pelindung kulit kepala.Rambut rusakmemiliki ciri-ciri antara lain rambut kusam atau tidak berkilau, rambut kusut atau sulitdiatur, rambut kering, rambut beruban bagi orang yang masih muda, rambutbercabang, rambut mudah patah dan rambut rontok. Penelitian ini bertujuan, a) Untuk menganalisis kandungan pada masker rambut lidah buaya dan stroberi untuk perawatan rambut rusak ditinjau dari uji labor b) Untuk menganalisis kelayakan masker lidah buaya dan stroberi untuk perawatan rambut rusak ditinjau dari uji organoleptic dan c) Untuk menganalisis kelayakan kelayakan masker lidah buaya dan stroberi untuk perawatan rambut rusak ditinjau dari uji hedonic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (x) dan variabel terikat (y). Jenis data menggunakan data primer dengan sumber data observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan kuesioner/angket. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif dan metode analisis. Untuk penilaian uji organoleptik dan hedonik masker lidah buaya dan buah stroberi, panelis yang dibutuhkan berjumlah 7 orang yaitu 2 (dua) orang Dosen Jurusan Tata rias dan Kecantikan,dan 5 (lima) orang mahasiswa Jurusan Tata Rias dan Kecantikan. Berdasarkan hasil uji laboratorium masker lidah buaya dan buah stroberimengandung vitamin C dan vitamin A. kandungan vitamin C pada masker lidah buaya dan buah stroberiadalah sebesar 67,75ppm (mg/liter) dan kandungan vitamin A sebesar 0,064%Mg. Dan berdasarkan hasil uji organoleptik, kelayakan masker lidah buaya dan buah stroberidilihat dari indikator aroma nilai tertinggi pada formula 5:15 dengan nilai sangat beraoma khas buah stroberi (71,4%), indikator daya lekat nilai tertinggi pada formula 5:15 dengan nilai sangat lekat (71,4%). Hasil uji hedonic kesukaan panelis menunjukkan bahwa nilai tertinggi pada formula 5:15 dengan sangat suka (85,7%). Disarankan agar dapat memanfaatkan masker lidah buaya dan buah stroberiuntuk perawatan rambut rusak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorYanita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Masker lidah buaya
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:45
Last Modified: 17 Mar 2023 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43029

Actions (login required)

View Item View Item