Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Kelas IV SDN022X11 Enam Lingkung

Renisa, Diva (2022) Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Kelas IV SDN022X11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_DIVA_RENISA_18129243_5629_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rendah serta dalam proses pembelajaran masih berpusat kepada guru dan peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV yang berjumlah 17 orang pada semester Januari- Juni tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 90%(B) dan meningkat pada siklus II 97,22 % (SB). Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran persentase untuk aspek guru pada siklus I rata- rata 83% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22 % (SB). Pada hasil pengamatan peserta didik pada siklus I rata- rata 83% (B) dan meningkat menjadi 97,22 % (SB). Hasil belajar pada penelitian untuk siklus I diperoleh rata- rata 74 lalu meningkat pada siklus II menjadi 89. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 6 di kelas IV SDN 02 2X11 Enam Lingkung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLena, Mai SriUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:45
Last Modified: 17 Mar 2023 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43028

Actions (login required)

View Item View Item