Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi CapCut pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar

Anggraini, Dini (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi CapCut pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_DINI_ANGGRAINI_18129242_7399_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media yang menarik dan mudah dipahami serta mampu menstimulasi peseta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media yang dikembangkan serta menghasilkan media pembelajaran berbasis android mengggunakan aplikasi CapCut pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4-D. Proses penelitian menggunakan model 4-D Yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Mengingat keterbatasan ruang, waktu, serta biaya peneliti, maka penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan pengembangan (develop). Subjek dari penelitian ini yaitu 3 orang ahli dan 1 guru kelas IV serta 14 peserta didik kelas IV SDN 24 Parupuk Tabing, dan 1 guru kelas IV serta 10 peserta didik kelas IV SDN 09 Air Tawar Barat. Instrument yang digunakan antara lain lembar validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran berasis android menggunakan aplikasi CapCut memperoleh tingkat kevalidan 96% dari aspek materi, 92,6% dari aspek media dan 95% dari aspek bahasa dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil respon guru dan juga hasil respon peserta didik di sekolah penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran Persentase respon guru kelas IV SDN 24 Parupuk Tabing adalah 95% dan presentase repon guru kelas IV SDN 09 Air Tawar Barat adalah 90%. Sedangkan persentase respon peserta didik di SDN 24 Parupuk Tabing adalah 96% dan presentase respon peserta didik di kelas IV SDN 09 Air Tawar Barat adalah 93%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android mengggunakan aplikasi CapCut pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV sekolah dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
CorrectorRahmantina, RahmantinaUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, CAPCUT, MODEL 4-D, TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:44
Last Modified: 17 Mar 2023 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43024

Actions (login required)

View Item View Item