Meningkatkan Keterampilan Membuat Hiasan Dinding dari Stik Es melalui Model Explicit Instruction pada Anak Tunagrahita Ringan

Aryati, Devia (2022) Meningkatkan Keterampilan Membuat Hiasan Dinding dari Stik Es melalui Model Explicit Instruction pada Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_DEVIA_ARYATI_16003121_6605_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang permasalahan yang ditemukan di kelas IX SLB Wacana Asih, dalam satu ruangan praktek terdapat lima orang siswa tunagrahita ringan dan ada duo orang siswa yang belum terampil dalam keterampilan membuat keterampilan hiasan dinding dari stik es. Sebelumnya anak sudah pernah belajar keterampilan dari stik es seperti membuat kotak pensil atau spidol tetapi tidak berhasil dalam prosesnya karena anak cendrung kurang memperhatikan guru dan guru juga tidak pernah mengajarkan membuat hiasan dinding dari stik es ini. oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengunakan stik es melalui model explicit instruction, dalam Penelitian ini akan dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Berdasarkan hasil yang di peroleh peserta didik mengunakan dua siklus yaitu nilai Ga pada tindakan siklus I yaitu 88,7%, dan pada siklus II memperoleh nilai 91,9%, sementara peserta didik Ge memperoleh nilai pada siklus I yaitu 64,5%, dan pada siklus II memperoleh nilai 82,3%, peserta didikGi pada tindakan siklus I yaitu 88,7%, dan pada siklus II memperoleh nilai 91,9%,pesertadidikFa pada tindakan siklus I yaitu 88,7%, dan pada siklus II memperoleh nilai 91,9%,danpesertadidikPu pada tindakan siklus I yaitu 74,2%, dan pada siklus II ii ii memperoleh nilai 85,5%,Berdasarkan dari data diatas, kesimpulan dari keterampilan membuat hiasan dinding dari stik es mengalami peningkatan yang signifikan melalui model explicit instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmaini, ArmainiUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, HIASAN DINDING DARI STIK ES
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Mar 2023 00:53
Last Modified: 17 Mar 2023 00:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43008

Actions (login required)

View Item View Item