Analisis Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Reguler di Kelas Inklusi SMA Negeri 2 Bukittinggi

Andriagusni, Deva (2022) Analisis Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Reguler di Kelas Inklusi SMA Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_DEVA_ANDRIAGUSNI_18006176_5556_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan inklusi mencerminkan pendidikan yang diperuntukkan bagi semua siswa tanpa terkecuali baik keterbatasan secara mental, fisik, sosial maupun finansial. Salah satu hal yang juga penting dalam berjalannya pendidikan inklusi yaitu terjalinnya kepedulian sosial diantara siswa reguler dengan anak berkebutuhan khusus terkhusus bagi siswa reguler yang berada di kelas inklusi. Bagi sebagian siswa reguler berbaur dalam satu kelas yang sama dengan anak berkebutuhan khusus merupakan kondisi baru yang dirasakan dalam menjalankan pembelajaran, membuat siswa reguler harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sosial baru. Sehingga kepedulian sosialnya tehadap anak berkebutuhan khusus masih dirasa belum sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepedulian sosial siswa reguler di kelas inklusi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa di kelas inklusi SMA Negeri 2 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian sosial siswa reguler di kelas inklusi pada umumnya berada pada kategori sedang. Hasil penelitian tingkat kepedulian sosial siswa reguler di kelas inklusi ditinjau dari beberapa aspek pertama, tingkat kepedulian sosial siswa reguler di kelas inklusi ditinjau dari motivasi berada pada kategori sedang. Kedua, tingkat kepedulian sosial siswa reguler di kelas inklusi ditinjau dari cognitive berada pada kategori tinggi. Ketiga, tingkat kepedulian sosial siswa reguler di kelas inklusi ditinjau dari behavior berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan yang dapat diberikan untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa reguler di kelas inklusi yaitu layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPEDULIAN SOSIAL, KELAS INKLUSI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:59
Last Modified: 16 Mar 2023 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43007

Actions (login required)

View Item View Item