Pengembangan Video Animasi dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VIII SMP

Amelia, Cindi (2022) Pengembangan Video Animasi dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_CINDI_AMELIA_18004155_6921_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran sangat penting dalam membantu proses pembelajaran. Ketepatan dalam menggunakan media akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pembelajaran hendaknya guru dapat memilih media yang menarik dan sesuai dengan pokok bahasan materi agar meningkatkan motivasi siswa untuk belajar serta memusatkan perhatian siswa dalam pembelajaran. Pengembangan media video animasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Wondershare Filmora yaitu upaya membantu guru dalam mengajar dn membantu siswa mengimajinasikan materi pembelajaran IPA terutama bagian IPA Biologi. Peneilitan bertujuan merancang produk media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria untuk kelayakan dan kepraktisan. Media pembelajaran yang digunakan oleh siswa kelas VIII di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) (R&D) dengan menggunkan model pengembangan ASSURE yang dikembangkan oleh Sharon E.Smaldino, Robert Heinch, Michael Molenda, dan Jmes D. Russell. Prosedur pengembangan penelitian ini ada 6 tahap yaitu: (1) Analyze Leaner, (2) State Objective, (3)Select Methods, Media, and Material, (4)Untilize Media and Material, (5) Require Learners’s Participation and (6) Evaluate and Revie. Uji validasi produk dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu satu validator ahli materi dan dua orang validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada 30 orang siswa kelas VIII di SMPN 27 Padang dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Hasil peneliti menunjukkan bahwa kelayakan produk oleh validator media dan validator dan validator materi pada media video animasi didapatkan hasil deskrisi data penilaian validator materi “sangat sesuai” untuk digunakan dengan rata-rata 4,62 dengan presentase 92,3% dan validator media dikategorikan “sangat layak” dengan rata-rata 4,85 dengan presentase 97%. Berdasarkan uji coba untuk praktiklitas produk media video animasi berada pada kategori ”sangat praktis” untuk digunakan dengan rata-rata 4,74 dengan presentase 95%. Jadi, berdasarkan uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkn bahwa produk media video ini telah layak dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI WONDERSHARE FILMORA
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Mar 2023 06:42
Last Modified: 16 Mar 2023 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43005

Actions (login required)

View Item View Item