Rancang Bangun Tool Pemodelan Eksperimen Gerak Lurus Dibantu Mobil-Mobilan dengan Kontrol Laju untuk Analisis Video Tracker

Lestari, Firma (2022) Rancang Bangun Tool Pemodelan Eksperimen Gerak Lurus Dibantu Mobil-Mobilan dengan Kontrol Laju untuk Analisis Video Tracker. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FIRMA_LESTARI_16034009_1147_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan bagian dari ilmu sains yang memahami tentang fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar. Kegiatan eksperimen bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan berpikir dalam memahami konsep fisika. Namun pada kenyataannya eksperimen belum terlaksana dengan baik, dikarenakan penggunaan instrumen manual pada eksperimen gerak lurus sehingga mempengaruhi hasil eksperimen gerak lurus yang diperoleh. Sebagai solusi dari permasalahan yaitu dengan pembuatan tool pemodelan eksperimen gerak lurus dibantu mobil-mobilan dengan kontrol laju untuk analisis video tracker. Hal ini dapat mengatasi kesalahan pengaturan laju mobil dan perhitungan waktu terutama pada pengukuran berulang. Tujuan penelitian ini adalah menentukan spesifikasi performansi dari tool pemodelan eksperimen gerak lurus dibantu mobil-mobilan dengan kontrol laju, ketepatan dan ketelitian dari pengukuran waktu pada tool pemodelan eksperimen gerak lurus, menentukan pengaruh hubungan antara besaran fisika pada gerak lurus. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian rekayasa. Penelitian rekayasa (engineering) merupakan penelitian yang menerapkan ilmu pengetahuan menjadi suatu rancangan guna mendapatkan kinerja sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Besaran yang termasuk data dalam penelitian ini adalah berupa kecepatan, waktu, jarak lintasan, sudut lintasan, tegangan dan percepatan. Teknik analisa data dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu, analisis data deskriptif dan analisis kesalahan. Analisis data deskriptif disajdikan dalam bentuk mean, diagram pareto dan tabel, sedangkan pada analisis kesalahan disajikan dalam bentuk ketepatan, kesalahan dan ketelitian. Dari analisis data dapat dinyatakan tiga hasil penelitian ini. Pertama, spesifikasi performansi tool pemodelan eksperimen gerak lurus terdiri dari mobil-mobilan, dan lintasan. Mobilan-mobilan yang digunakan berukuran 13x7 cm. Pengontrolan motor dc pada mobil-mobilan menggunakan step down xl-6009 dc-dc, pengukuran sudut menggunakan mpu6050. Alat peraga berbentuk lintasan yang berukuran 2,0 x 0,10 m. Pengolahan hasil eksperimen menggunakan aplikasi software tracker. Kedua, ketepatan rata-rata pengukuran waktu pada GLB yakni sebesar 98,16% dengan kesalahan rata-rata sebesar 1,93%. Ketepatan rata-rata pengukuran waktu pada GLBB yakni sebesar 98,3875% dengan kesalahan rata-rata sebesar 1,53%. Ketiga, nilai kecepatan yang diperoleh sebanding dengan nilai tegangan yang digunakan, semakin besar nilai teganan yang digunakan akan semakin besar pula nilai kecepatan yang didapatkan. Nilai percepatan sebanding dengan bertambahnya nilai sudut yang digunakan pada eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:00
Last Modified: 16 Mar 2023 00:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42991

Actions (login required)

View Item View Item