Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Bantuan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 4 Padang

Melinda, Fania (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Bantuan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FANIA_MELINDA_17029016_1092_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil pencapaian kompetensi belajar matematika di SMAN 4 Padang terlihat rendah karena pada proses pembelajaran guru kurang mengaktifkan peserta didik dalam menemukan konsep matematika. Solusi yang dapat diterapkan adalah memotivasi dan mengaktifkan kegiatan belajar peserta didik yang menyenangkan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan video pembelajaran dengan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dan rancangan penelitian static group design Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2021/2022. Penarikan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan hasil analisis tes akhir dengan bantuan software minitab Pvalue = 0,00 pada taraf nyata a = 0,05 yang menyatakan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model Problem Based Learning dengan bantuan video pembelajaran lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model Problam Based Learning dengan bantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:32
Last Modified: 15 Mar 2023 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42983

Actions (login required)

View Item View Item