Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 pada pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar

Muharani, Atthiya (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 pada pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ATTHIYA_MUHARANI_18129005_4970_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran berbasis teknologi yang dibuat semenarik mungkin dengan adanya gambar dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD tema 7 subtema 3 pada pembelajaran 1, 3 dan 4 yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan lembar evaluasi. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 13 orang peserta didik di kelas V SDN 09 Bandar Buat dan 23 orang peserta didik SDN 08 Padang Besi. . Hasil penelitian ini diperoleh media pembelajaran yang memiliki tingkat validitas dengan nilai rata-rata 91,52% dan kategori sangat valid, tingkat praktikalitas peserta didik 95,48% di SDN 09 Bandar Buat dan 96,19% di SDN 08 Padang Besi kategori sangat praktis, dan pratikalitas guru 100% kategori sangat praktis. Hasil efektivitas media pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat efektif dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik SDN 09 Bandar Buat sebanyak 83% dan ketuntasan 84,61%. Selanjutnya persentase peningkatan hasil belajar peserta didik SDN 08 Padang Besi sebanyak 89% dan ketuntasan 91,30%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media tersebut layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MACROMEDIA FLASH 8, MEDIA PEMBELAJARAN, MODEL ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:24
Last Modified: 15 Mar 2023 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42973

Actions (login required)

View Item View Item