Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With a Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang

Hasdi, Zilya (2022) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With a Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ZILYA_HASDI_18029055_3083.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dimiliki untuk memecahkan sebuah permasalahaan yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Namun pada kenyataannya dalam pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam kelas VIII SMPN 24 Padang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan kepada peserta didik. Dari hasil jawaban peserta didik tersebut terlihat bahwa peserta didik belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis dengan tepat sesuai dengan indikator pemecahan masalah matematis. Salah satu upaya yang diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question dalam proses belajar matematika. Dikarenakan dengan LSQ dapat membuat peserta didik aktif bertanya untuk menyelesaikan permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII setelah diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question serta menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan penelitian Nonequivalent Posttet-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Padang dengan kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas sampel. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, terlihat bahwa pada taraf nyata diperoleh . Karena maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis yang belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 24 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 15 Mar 2023 03:24
Last Modified: 15 Mar 2023 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42972

Actions (login required)

View Item View Item