Pebriani, Tri Ulfa
(2022)
Systematic Review: Miskonsepsi Fisika dan Remediasinya pada Materi Momentum dan Impuls.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Momentum dan impuls merupakan salah satu materi fisika yang banyak terjadi miskonsepsi pada peserta didik. Penelitian-penelitian mengenai miskonsepsi dan remediasinya pada materi momentum dan impuls tersebut telah banyak dilakukan untuk mengurangi miskonsepsi. Namun belum ada suatu penelitian systematic review yang merangkum penelitian-penelitian tersebut, untuk itu perlu adanya penelitian systematic review yang akan menghasilkan sebuah informasi baru. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis konsep-konsep yang menjadi miskonsepsi pada materi momentum dan impuls, (2) menganalisis instrument tes diagnostik yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi momentum dan impuls, (3) menganalisis model pembelajaran/ metode pembelajaran/strategi pembelajaran/pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi momentum dan impuls, (4) menganalisis bahan ajar/media pembelajaran yang digunakan untuk meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi momentum dan impuls, (5) menganalisis pengaruh model pembelajaran/strategi pembelajaran/metode pembelajaran/media pembelajaran terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic review. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ringkasan informasi yang dimuat dalam tabel. Artikel yang dikumpulkan berjumlah 26 artikel yang telah dipublikasi 10 tahun terakhir di jurnal nasional atau internasional. Data dikumpulkan dari informasi yang ada di dalam artikel dan sesuai dengan tujuan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah ditetapkan dan menggunakan rumus effect size. Hasil penelitian ini yaitu: (1) konsep yang sering terjadi miskonsepsi pada materi momentum dan impuls adalah momentum, (2) instrument tes diagnostik yang sering digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi momentum dan impuls adalah Multiple choice test with Certainty of Response Index (CRI), (3) ada 10 model pembelajaran, 2 strategi pembelajaran, 1 metode pembelajaran, dan 1 pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk meremediasi miskonsepsi pada materi momentum dan impuls, yang paling banyak digunakan yaitu model pembelajaran ECIRR, (4) bahan ajar/media pembelajaran yang digunakan untuk meremediasi yaitu simulasi komputer, refutation text, dan LKS berorientasi Concept Attainment, (5) model pembelajaran ECIRR memiliki pengaruh yang paling besar terhadap remediasi miskonsepsi dengan nilai effect size 5,24
Actions (login required)
|
View Item |