Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Konteks pada Materi Pemanasan Global terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MAN 2 Pesisir Selat

Tamrin, Husni (2022) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Konteks pada Materi Pemanasan Global terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MAN 2 Pesisir Selat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_HUSNI_TAMRIN_18033032_3807.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang dibutuhkan di era global ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Dengan kemampuan ini seseorang mampu bertahan dan bersaing secara global. Sudah dilakukan survei di MAN 2 Pesisir Selatan dan didapatkan informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Setelah dipelajari lebih lanjut media dan model pembelajaran yang digunakan belum memupuk kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran yang menyajikan konteks permasalahan sehari-hari dengan bantuan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis konteks pada materi pemanasan global terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MAN 2 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, desain postest-only control design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA MAN 2 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dipilih kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Data pada penelitian ini adalah nilai kemampuan pemecahan masalah siswa. Instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk soal essay sebanyak 7 butir. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah, kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Menggunakan uji U (Mann Withney) diperoleh nilai Z hitung sebesar 5,24 nilai kritis Z pada tabel untuk taraf signifikansi 5%, jumlah sampel 69 sebesar 1,96. Karena Z hitung > Z tabel maka hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunakan video pembelajaran berbasis konteks pada materi pemanasan global terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MAN 2 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:30
Last Modified: 15 Mar 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42958

Actions (login required)

View Item View Item