Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom - Nanomaterial Kelas X SMA Penggerak

Istiqori, Hikmah (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom - Nanomaterial Kelas X SMA Penggerak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_HIKMAH_ISTIQORI_19035177_2602.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang berkualitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan model dan sistem pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran PBL berbasis LSLC dapat dijadikan sebagai solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis LSLC terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa pada materi struktur atom-nanomaterial kelas X SMAN 9 Padang. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain randomized posttest only control group. Teknik pengambilan sampelnya simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data hasil belajar siswa berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji kesamaan dua rata-rata dengan hasil Thitung > Ttabel : hasil belajar pengetahuan (1,9595 > 1,669); hasil belajar keterampilan (1,9752 > 1,8124); dan hasil belajar sikap (2,4206 > 1,8124). Jadi, penerapan model PBL berbasis LSLC pada materi struktur atom-nanomaterial memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar baik pada aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap siswa kelas X SMAN 9 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:04
Last Modified: 15 Mar 2023 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42957

Actions (login required)

View Item View Item