Istiqori, Hikmah
(2022)
Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom - Nanomaterial Kelas X SMA
Penggerak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Proses pembelajaran yang berkualitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan model dan sistem pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran PBL berbasis LSLC dapat dijadikan sebagai solusinya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis LSLC terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa pada materi struktur atom-nanomaterial kelas X SMAN 9 Padang. Penelitian ini merupakan
quasi eksperimen dengan desain randomized posttest only control group. Teknik pengambilan sampelnya simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data hasil belajar siswa berdistribusi normal dan memiliki
varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji kesamaan dua rata-rata dengan hasil Thitung > Ttabel : hasil belajar pengetahuan (1,9595 > 1,669); hasil belajar keterampilan (1,9752 > 1,8124); dan hasil belajar sikap (2,4206 > 1,8124). Jadi, penerapan model PBL berbasis LSLC pada materi struktur atom-nanomaterial memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar baik pada aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap siswa kelas X
SMAN 9 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |