Pengembangan E- Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an Untuk Kelas XI MA

Hendriko, Hendriko (2022) Pengembangan E- Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an Untuk Kelas XI MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_HENDRIKO_18035064_2559.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

E-modul merupakan bahan ajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran tertentu, yang disajikan dalam format elektronik. E-modul terintegrasi Al-Qur’an memenuhi Perda Sumatera Barat No.2 Tahun 2019 dan relevan dengan Kompetensi Inti 1 pada Kurikulum 2013 yang membahas tentang sikap spritual. Materi pembelajaran pada e-modul disusun berdasarkan sintak model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 salah satunya model pembelajaran inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan berfikir kritis peserta didik sehingga pembelajaran bersifat student center. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an Untuk Kelas XI MA dan mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitasnya. Jenis penelitian ini Educational Design Research dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: Preliminary Research, Prototyping Phase dan Assesment Phase. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara guru, angket untuk peserta didik, angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Jenis data adalah data primer yang dianalisis dengan formula Aiken’s V untuk uji validitas dan presentase kepraktisan untuk uji praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an. E-modul yang dihasilkan memiliki rata-rata nilai Aiken’s V sebesar 0,87 untuk validasi konten dan 0,92 untuk validasi multimedia dengan kategori valid. Sedangkan, presentase praktikalitasnya 89% untuk peserta didik dan 91% untuk guru dengan kategori sangat praktis, hal ini menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, E-Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:58
Last Modified: 15 Mar 2023 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42955

Actions (login required)

View Item View Item