Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model ProblemBased Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 34 Koto Panai Kecamatan Linggo Sari Baganti

Indah, Asma (2022) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model ProblemBased Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 34 Koto Panai Kecamatan Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ASMA_INDAH_18129052_4249_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik bagi peserta didik. Yang mana seharusnya dalam pelaksanaan proses pembelajaran tematik terpadu melibatkan peserta didik secara aktif serta memperkenalkan peserta didik dengan masalah-masalah nyata yang dekat dengan lingkungan peserta didik.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 34 Koto Panai Linggo Sari Baganti. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian dilakukan dua siklus dengan tiga kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berhubungan dengan hasil penilaian pada perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah guru sebagai pengamat, peneliti sebagai praktisi, dan peserta didik kelas IV SD Negeri 34 Koto Panai Linggo Sari Baganti dengan jumlah 16 orang yang terdiri atas 9 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Data penelitian ini dikumpulkan berdasarkan instrumen penilaian RPP, lembar pengamatan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, serta lembar pengamatan aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada penilaian terhadap RPP pada siklus I yakni rata-rata 85,71% (B) dan pada siklus II yakni 96,42% (SB). Kemudian pengamatan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru siklus I yakni 87,49% (B) dan siklus II yakni 96,42% (SB). Pengamatan Pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas peserta didik siklus I yakni 87,49% (B) dan siklus II yakni 96,42% (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 34 Koto Panai Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:35
Last Modified: 15 Mar 2023 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42954

Actions (login required)

View Item View Item