Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs.

Idrus, Hanifah Aniswah (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_HANIFAH_ANISWAH_IDRUS_18031062_3521.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan cara pelatihan dan mendidik serta mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat berperan aktif dalam mengembangkan potensi dirinya. Proses pembelajaran berjalan dengan lancar adanya bahan ajar yang digunakan sebagai pedoman guru untuk melaksanakan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar berupa LKPD berbasis discovery learning pada materi sistem peredaran darah untuk peserta didik kelas VIII SMP/MTs merupakan suatu upaya dalam memaksimalkan pembelajaran IPA disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan tingkat praktikalitas LKPD berbasis Discovery Learning yang dikembangkan pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap definisi, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Karena keterbatasan waktu, maka peneliti membatasi penelitian ini atas tiga tahap. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket uji validitas dan praktikalitas pada LKPD berbasis discovery learning. Penilaian LKPD berbasis discovery learning dilakukan oleh dua orang dosen, satu orang guru IPA dan 30 orang peserta didik di SMP Negeri 5 Tanjung Jabung Timur untuk mengetahui respon terhadap LKPD yang diberikan. Hasil uji validitas penilaian LKPD berbasis discovery learning sebesar 85,60% dengan kriteria sangat valid sedangkan hasil praktikalitas penilaian LKPD berbasis discovery learning sebesar 90,11% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian tersebut dapat simpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning pada materi sistem peredaran darah telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs dalam proses pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorFuadiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:19
Last Modified: 14 Mar 2023 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42950

Actions (login required)

View Item View Item