Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Ustarinda, Elya (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ELYA_USTARINDA_17029145_1450_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika sebagaimana tercantum dalam Permendikbud nomor 58 tahun 2014. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran yang tidak melibatkan peserta didik secara aktif dan masih berpusat pada pendidik. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions guna meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik dan untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu atau quasi eksperiment dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Pelajaran 2021 / 2022 yang terdiri dari lima kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, yaitu dengan mengundi gulungan kertas dimana gulungan yang pertama terambil sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII. A dan gulungan kedua terambil sebagai kelas kontrol yaitu kelas VIII. B. Data tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji t. Data perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis menggunakan rata - rata kuis, persentase kuis dan pencapaian indikator pemahaman konsep pada kuis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis tes akhir dengan taraf nyata diperoleh P - Value = 0,001 , yang artinya tolak . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model kooperatif tipe student teams achievement divisions lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:57
Last Modified: 14 Mar 2023 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42942

Actions (login required)

View Item View Item