Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Menggunakan Model Attention, Relevance, Convidence, Satisvaction Di Kelas V Sdn 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi

Danika, Aridho (2022) Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang Menggunakan Model Attention, Relevance, Convidence, Satisvaction Di Kelas V Sdn 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ARIDHO_DANIKA_18129232_5644_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, Dalam proses pembelajaran, guru belum terlihat memberikan motivasi sebagai pengontrol semangat dan focus peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas (PTK) meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 09 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Data penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 88,18% (Baik) dan siklus II 95,45% (Sangat Baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 81, 25% (Baik) dan siklus II 95% (Sangat Baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 81, 25% (Baik), dan siklus II 95% (Sangat Baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 74,1 (Cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 83,87 (Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model, Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi volume balok dan kubus di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorHendri, SherlyaneUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL ATTENTION, PEMBELAJARAN BALOK DAN KUBUS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:55
Last Modified: 14 Mar 2023 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42938

Actions (login required)

View Item View Item