Jeflin, Hairunisa
(2022)
Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Kemampuan komunikasi yang dimaksud adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan atau menerima gagasan. Berdasarkan pengukuran kemampuan komunikasi yang telah dilakukan di SMA
Negeri 2 Bengkulu Utara, menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara masih dapat ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model problem based learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik
yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara Tahun Ajaran
2021/2022. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X MIPA 3 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 terpilih sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model problem based learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik
yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada setiap indikator. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan 0,05 dengan
melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,002, karena P-value < 0,05 maka H0 ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |