Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara.

Jeflin, Hairunisa (2022) Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_HAIRUNISA_JEFLIN_18029140_3176.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Kemampuan komunikasi yang dimaksud adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan atau menerima gagasan. Berdasarkan pengukuran kemampuan komunikasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara, menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara masih dapat ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model problem based learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X MIPA 3 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 terpilih sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model problem based learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada setiap indikator. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,002, karena P-value < 0,05 maka H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:06
Last Modified: 14 Mar 2023 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42932

Actions (login required)

View Item View Item