Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017-2021 Menggunakan Analisis Regresi Data Panel.

Azhar D.S, Habib Sopan (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017-2021 Menggunakan Analisis Regresi Data Panel. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_HABIB_SOPAN_AZHAR_DS_18037027_3401.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang dapat menggambarkan kondisi ekonomi di suatu wilayah dalam periode tertentu yang dihitung berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yaitu jumlah nilai tambah yang dihasilkan dalam proses produksi barang dan jasa di perekonomian suatu daerah. Pertumbuhan ekonomi juga dapat diartikan sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara maupun daerah menuju keadaan yang lebih baik yang diwujudkan dalam bentuk pendapatan nasional selama periode tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model regresi data panel dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat tahun 2017-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari hasil publikasi lembaga resmi pemerintah yaitu Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat. Data yang digunakan pada penelitian ini diambil dari tahun 2017-2021. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel dependen (Y) yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan untuk melihat pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Provinsi Sumatera Barat, dan variabel independennya (X) adalah realisasi investasi PMDN, realisasi investasi PMA, indeks pembangunan manusia, tingkat pengangguran terbuka, dan persentase penduduk miskin. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh model terbaik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fixed Effect Model (FEM). Dimana dari hasil penelitian didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat adalah tingkat pengangguran terbuka, dan persentase penduduk miskin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorSalma, AdmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Regresi Data Panel
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:03
Last Modified: 14 Mar 2023 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42930

Actions (login required)

View Item View Item