Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IVSD Negeri39 Talang Kabupaten Solok

Rahmattulloh, Ari (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IVSD Negeri39 Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ARI_RAHMATTULLOH_18129004_5781_2022.pdf

Download (987kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi di SD Negeri 39 Talang Kabupaten Solok, ditemukan bahwa proses pembelajaran guru belum optimal dalam menggunakan model Problem Based Learning dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 39 Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya, penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 39 Talang Kabupaten Solok, dengan jumlah 15 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian RPP siklus I adalah 81,24% dengan kualifikasi baik, siklus II meningkat menjadi 96,87 % dengan kualifikasi sangat baik. (2) Penilaian aktifitas guru siklus I adalah 87,49% dengan kualifikasi baik, siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Penilaian aktifitas peserta didik siklus I adalah 84,81% dengan kualifikasi baik, siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik, (4) Penilaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik siklus I adalah 73,32%% dengan kualifikasi baik, siklus II meningkat menjadi 96,02% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri39 Talang Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorFarida S, Farida SUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:31
Last Modified: 14 Mar 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42921

Actions (login required)

View Item View Item