Desain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Alat – Alat Optik

Ardini, Felina (2022) Desain Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Alat – Alat Optik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FELINA_ARDINI_18033004_3038.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan kurikulum 2013 adalah meningkatkan pemahaman konsep Fisika pada peserta didik. Namun kenyataan menunjukan terjadi dilapangan bahwa pemahaman konsep siswa pada materi alat – alat optik tergolong rendah. Ketersedian bahan ajar berbasis TIK untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa masih kurang. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah desain multimedia interaktif berbasis konflik kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik, validitas terhadap multimedia interaktif berbasis konflik kognitif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian development research menggunakan model Plomp. Penelitian dibatasi sampai tahap Develop or Prototyping Phase pada expert review. Sumber data diperoleh dari hasil validasi tenaga ahli oleh 3 dosen Fisika FMIPA UNP. Instrumen pengumpulan data mencakup angket, lembar analisis jurnal, lembar self-evaluation dan lembar expert review. Teknik analisis data untuk validasi produk mengunakan V Aiken. Berdasarkan preliminary research diperoleh permasalahan pemahaman konsep siswa rendah. Pada Develop or Prototyping Phase telah didesain multimedia interaktif yang disusun sesuai dengan sintaks model pembelajaran berbasis konflik kognitif. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteria sangat baik. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,86 dengan kategori sangat valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi alat – alat optik sangat valid dengan aspek substansi materi, desain materi, desain pembelajaran, tampilan komunikasi visual dan penggunaan software.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Konflik Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:50
Last Modified: 14 Mar 2023 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42915

Actions (login required)

View Item View Item