Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang

Putri, Feby Zania (2022) Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_FEBY_ZANIA_PUTRI_18035062_2634.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing yang telah valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah pra-experimental, dengan desain one-group pretest-posttest. Kelas sampel yang diteliti adalah satu kelas tanpa ada kelas pembanding yang diambil melalui teknik purposive sampling. Kelas sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 15 soal pilihan ganda pretest dan posttest. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 44,11 dilihat dari hasil posttest setelah menggunakan modul inkuiri terbimbing lebih tinggi dari hasil pretest peserta didik sebelum menggunakan modul inkuiri terbimbing. Nilai N-Gain diperoleh persentase sebesar 62% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryandi, IryandiUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Larutan Penyangga, Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:50
Last Modified: 14 Mar 2023 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42914

Actions (login required)

View Item View Item