Putri, Feby Zania
(2022)
Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI
MIPA SMA Negeri 13 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing yang telah valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah pra-experimental, dengan desain one-group pretest-posttest. Kelas sampel yang diteliti adalah satu kelas tanpa ada kelas pembanding yang diambil melalui teknik purposive sampling. Kelas sampel
dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 15 soal pilihan ganda pretest dan posttest. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 44,11 dilihat dari hasil posttest setelah menggunakan modul inkuiri terbimbing lebih tinggi dari hasil pretest peserta didik sebelum menggunakan modul inkuiri terbimbing. Nilai N-Gain diperoleh persentase sebesar 62% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |