Penggunaan Konjungsi Intrakalimat dalam Berita Utama Tabloid Surat Kabar Kampus Ganto dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP

Agustin, Vira (2022) Penggunaan Konjungsi Intrakalimat dalam Berita Utama Tabloid Surat Kabar Kampus Ganto dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_VIRA_AGUSTIN_18016103_7806_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan apa saja jenis dan fungsi makna konjungsi yang digunakan dalam Berita Utama Tabloid Surat Kabar Kampus Ganto. Kedua, mendeskripsikan apa saja bentuk ketidaktepatan penggunaan konjungsi dalam Berita Utama Tabloid Surat Kabar Kampus Ganto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan konjungsi intrakalimat dalam Berita Utama Tabloid Surat Kabar Kampus Ganto. Teori yang berkaitan dengan penelitian ini, adalah teori mengenai; (a) keterampilan menulis; (b) konsep dasar konjungsi, dan (c) konsep dasar berita. Di dalam penelitian ini terdapat tiga teori yang digunakan. Pertama, keterampilan menulis, meliputi konsep keterampilan menulis dan tujuan menulis. kedua konsep dasar konjungsi. Konsep dasar konjungsi dalam penelitian ini yaitu, pengertian konjungsi, ciri-ciri konjungsi, dan jenis dan fungsi makna konjungsi. Ketiga, konsep dasar berita dalam penelitian ini adalah pengertian berita, struktur berita, dan ciri kebahasaan teks berita. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa kalimat yang mengandung konjungsi dalam berita utama. Sumber data penelitian ini adalah berita utamaTabloid Surat Kabar Kampus Ganto sebanyak 6 berita. Teknik pengumpulan data melalui studi simak catat. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi (crosscheck). Data dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu sebagai berikut (1) peneliti membaca dan memahami berita utama. (2) Penelilti menandai kalimat berkonjungsi dalam berita utama. (3) Peneliti mengelompokkan kalimat yang berkonjungsi dengan kalimat tidak berkonjungsi. (4) Peneliti menganalisis pengguunaan konjungsi intrakalimat dan ketepatan penggunaan konjungsi dalam berita utama. (5) Peneliti membuat kesimpulan secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan dua hal sebagai berikut. Pertama, dalam berita utama Tabloid Surat Kabar Kampus Ganto terdapat tiga jenis konjungsi intrakalimat yang tersebar dalam beberapa fungsi makna. Kedua, konjungsi intrakalimat yang paling dominan terdapat dalam berita utama Tabloid Surat Kabar Kampus Ganto dalah konjungsi subordinatif. Ketiga, secara umum penggunaan konjungsi dalam berita utama Tabloid Surat Kabar Kampus Ganto sudah tepat, namun masih terdapat beberapa konjungsi yang tidak tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, AnggrainiUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN KONJUNGSI INTRAKALIMAT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:23
Last Modified: 13 Mar 2023 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42894

Actions (login required)

View Item View Item