Penerapan Model Discovery Learning dan Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang

Rahayu, Ditha (2022) Penerapan Model Discovery Learning dan Dampaknya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DITHA_RAHAYU_17029011_148_2022.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan peserta didik untuk dapat menyelesaikan sebuah masalah dengan menggunakan proses yang jelas dan sistematis untuk mendapatkan jawaban yang benar. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan model Discovery Learning dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak penerapan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah pre-experimental (pra eksperimen) dengan rancangan penelitian one shot case study. Penentuan kelas subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan guru matematika kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang, yang terpilih yaitu kelas XI MIPA 3. Hasil penelitian, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Padang dengan diterapkannya model Discovery Learning masuk kategori baik sekali dengan rata-rata pada kelas subjek yaitu 16,14.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:15
Last Modified: 13 Mar 2023 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42892

Actions (login required)

View Item View Item