Pengembangan Bahan Ajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional di Kelas IV Sekolah Dasar

Karisma, Alfatiha (2022) Pengembangan Bahan Ajar Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ALFATIHA_KARISMA_18129101_7339_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemukan di sekolah dasar yaitu kurangnya pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan guru masih berupa bahan ajar cetak seperti buku guru, buku siswa, dan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media. Sedangkan angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 16 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 12 perempuan di kelas IVA SDN 36 Cengkeh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Bahan ajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua menggunakan aplikasi Flip PDF Professional dinyatakan sangat valid digunakan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dengan nilai rata-rata 91,6%, (2) Respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua menggunakan aplikasi Flip PDF Professional memperoleh presentase 93% dengan kriteria sangat praktis dan 91,25% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua menggunakan aplikasi Flip PDF Professional di kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, FLIP PDF PROFESSIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:12
Last Modified: 13 Mar 2023 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42891

Actions (login required)

View Item View Item