Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terintegrasi Learning Start With A Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Kelas X di SMA Negeri 11 Padang

Putri, Dinda Lara (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terintegrasi Learning Start With A Question (LSQ) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar Kelas X di SMA Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_DINDA_LARA_PUTRI_17033008_1222_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini berada pada era revolusi industri 4.0. Pendidikan di era revolusi industri 4.0 ditandai dengan digunakannya kurikulum 2013, pada kurikulum 2013 adanya perubahan mulai dari cara belajar, pola berpikir serta dalam tata cara bertindak peserta didik dalam hal mengembangkan inovasi serta kreativitas di segala bidang.Namun faktanya dilapangan model pembelajaran tuntutan kurikulum 2013 belum seutuhnya terlaksana serta hasil belajar peserta didik sebagian besar belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Maka, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran discovery terintegrasi learning start with a questionsebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 11 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen Penelitian ini terdiri dari lembar penilaian sikap, posttest dan lembar penilaian unjuk kinerja.Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji kesamaan dua rata-rata pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi peserta didik yang terdiri atas kompetensi sikap, pengetahuan danketerampilan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan model pembelajaran discovery terintegrasi learning start with a question (LSQ) pada materi gerak parabola dan gerak melingkar di kelas X SMA Negeri 11 Padang. Hal ini didukung oleh hasil analisis data pada masing-masing kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Dengan Uji kesamaan dua rata-rata didapatkan nilai thitung>ttabel , pada kompetensi sikap 3,05 > 2,00, pengetahuan 3,78 > 2,00 dan pada kompetensi keterampilan 6,84 > 2,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurtiani, MurtianiUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:50
Last Modified: 13 Mar 2023 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42889

Actions (login required)

View Item View Item