Rahma, Fauziah Annisa
(2022)
Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematis yang dimiliki peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Payakumbuh masih rendah, terlihat dari hasil penilaian harian peserta
didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran matematika Knisley. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran matematika Knisley lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh
pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Payakumbuh tahun pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji
Actions (login required)
|
View Item |