Pengembangan E-Modul Interaktif Berbentuk Flipbook Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Keanekaragaman Hayati untuk SMA.

Wulandari, Fatika (2022) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbentuk Flipbook Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Keanekaragaman Hayati untuk SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_FATIKA_WULANDARI_18031102_3851.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memudahkan pendidik untuk memilih berbagai macam media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di sekolah, media yang biasa digunakan kurang bersifat interaktif sehingga peserta didik belum sepenuhnya terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Materi Keanekaragaman Hayati merupakan salah satu materi yang dapat dikaitkan konsepnya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Namun, beberapa peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep masing-masing tingkat Keanekaragaman Hayati sehingga dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang dapat mengarahkan peserta didik untuk membangun konsep-konsep materi dan mengaitkannya dengan kehidupan. Salah satunya adalah pendekatan kontekstual. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan e-modul interaktif berbentuk flipbook bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi Kenekaragaman Hayati untuk SMA yang valid dan praktis. Pengembangan e-modul ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran e-modul interaktif berbentuk flipbook bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi Keanekaragaman Hayati. Media e-modul divalidasi oleh dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMA Negeri 5 Padang, selanjutnya dilakukan uji praktikalitas media oleh guru dan peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Padang. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran e-modul yang sangat valid dengan nilai rata-rata validitas sebesar 97,9%. Media ini juga sangat praktis menurut guru dan peserta didik dengan nilai secara berturut-turut 99,1% dan 93,1%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-modul interaktif berbentuk flipbook bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi Keanekaragaman Hayati untuk SMA dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:50
Last Modified: 13 Mar 2023 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42885

Actions (login required)

View Item View Item