Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learming di Kelas V SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya

Rahma, Ainun (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learming di Kelas V SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_AINUN_RAHMA_18129098_4956_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, proses pembelajaranmasih berpusat kepada guru serta peserta didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Problem Based LearningDi KelasV SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian ini didapat dari proses pembelajaran (aktivitas guru dan peserta didik) dan hasil belajar dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 03 IX Koto yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 83.32% dengan kualifikasi (B) meningkat pada siklus II menjadi rata-rata97,22% dengan kualifikasi (SB). Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, persentase untuk pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 80.35% dengan kualifikasi (C) meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 96.42% dengan kualifikasi (SB). Pada hasil pengamatan akitivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 80.35% dengan kualifikasi (C) meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 96.42%dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar peserta didik pada penelitian ini untuk siklus I memperoleh rata-rata 71,66 meningkat di siklus II menjadi rata-rata 85,83. Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 03 IX Koto Kabupaten Dharmasraya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorZuzrdi, ZuardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PROBLEM BASED LEARNING.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:49
Last Modified: 13 Mar 2023 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42883

Actions (login required)

View Item View Item