Efektivitas Penggunaan Modul Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 13 Padang

Az Zahra, Faizah (2022) Efektivitas Penggunaan Modul Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_FAIZAH_AZ_ZAHRA_18035061_2619.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Modul kesetimbangan ion dan pH larutan garam berbasis inkuiri terbimbing telah dikembangkan sampai pada tahap uji validitas dan praktikalitas, namun belum dilakukan uji efektivitas sehingga modul tersebut belum bisa disebarluaskan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul kesetimbangan ion dan pH larutan garam berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah pre-experiment research menggunakan desain one-group-pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 13 Padang yang terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 3 sebagai kelas sampel. Instrumen penilaian yang digunakan berupa soal pilihan ganda untuk pretest dan posttest yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda soal, dan indeks kesukaran. Data dianalisis dengan uji N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas dari penggunaan modul ini. Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 48,23. Nilai N-gain diperoleh sebesar 0,6 yang berada pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, oleh karena itu penggunaan modul kesetimbangan ion dan pH larutan garam berbasis inkuiri terbimbing yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing, modul.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:30
Last Modified: 13 Mar 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42880

Actions (login required)

View Item View Item