Pengembangan E-LKPD Menggunakan Aplikasi Edmodo berbasis RADEC untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD

Yulhaqqi, Addini (2022) Pengembangan E-LKPD Menggunakan Aplikasi Edmodo berbasis RADEC untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ADDINI_YULHAQQI_18129047_6246_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD yang disebabkan oleh pelaksanaan pembelajaran konvensional secara terus menerus yang menggunakan model pembelajaran yang belum disesuaikan dengan karakteristik pendidikan di Indonesia. Sehingga diperlukan media dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik berupa E-LKPD yang dapat diakses secara online melalui aplikasi Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengembankan E-LKPD Menggunakan Aplikasi Edmodo berbasi RADEC Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritsis Peserta Didik Kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Dengan tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi oleh validator dan angket respon guru beserta angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 33 orang peserta didik yang terdiri dari laki-laki dan 9 perempuan di kelas III SD Negeri 02 Muaro Paiti dan SDN 03 Koto Bangun Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil penelitian dari pengembangan E-LKPD yang dikembangkan diperoleh hasil validasi materi 96,4%, validasi media 94% dan validasi kebahasaan 90,8% (sangat valid). Hasil praktikalitas dinyatakan sangat praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru 97,8% (sangat praktis) dan hasil respon dari 33 orang peserta didik 99% (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Menggunakan Aplikasi Edmodo berbasi RADEC Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritsis Peserta Didik Kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, MODEL ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:16
Last Modified: 13 Mar 2023 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42877

Actions (login required)

View Item View Item