Efektivitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA di SMAN 13 Padang

Putri, Elga Joninda (2022) Efektivitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA di SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_ELGA_JONINDA_PUTRI_18035132_2307.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada saat ini menggunakan kurikulum 2013, dasar pembelajaran kurikulum 2013 ini menekankan pada pendekatan saintifik. Pada pendekatan saintifik proses pembelajaran menuntut peserta didik untuk berperan aktif selama proses pembelajaran, peserta didik dituntut untuk mampu menemukan konsepnya sendiri. Salah sau model pembelajaran yang mampu mendukung pendekatan saintifik ini yaitu guided discovery learning. dalam penerapan model pembelajaran GDL ini diperlukan suatu bahan ajar, salah satu bahan ajar yang mampu menunjang pembelajaran yaitu modul, seiring dengan perkembangan zaman, diberikan inovasi pada bahan ajar yang pada mulanya berbentuk cetak dikembangkan menjadi berbasis digital yaitu e-modul. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektivitas e-modul kimia unsur berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian randomized control group pretest-posttest. Populasi terdiri dari siswa kelas XII MIPA di SMAN 13 Padang tahun ajaran 2021/2022. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal dan 5 pilihan jawaban yang sudah diuji kelayakan tiap butir soalnya, seperti tingkat kevalidtan, reliabel dan daya pembeda soal serta indeks kesukaran dengan kriteria baik. Tingkat efektivitas e-modul dianalisis dari nilai uji n-gain. Dari hasil penelitian diperoleh data terdistribusi secara normal dan homgen. Untuk ujihipotesis yang digunakan pada data yang terdstribusi normal dan homogen menggunakan uji t. untuk perolehan nilai n-gain sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Sehingga e-modul kimia unsur berbasis guided discovery learning efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Modul Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:45
Last Modified: 13 Mar 2023 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42874

Actions (login required)

View Item View Item