Jenis-jenis Semut Subterranean (Hymenoptera: Formicidae) di Sekitar Sarang Rayap, Sungai Liku Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Pesisir Selatan

Yuspilanda, Egel (2022) Jenis-jenis Semut Subterranean (Hymenoptera: Formicidae) di Sekitar Sarang Rayap, Sungai Liku Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_EGEL_YUSPILANDA_18032006_2392.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Semut adalah serangga yang termasuk ke dalam ordo Hymenoptera dan famili Formicidae. Semut subterranean adalah kelompok semut yang hidup dan mencari makan (foraging) hanya di dalam tanah, bahkan hampir semua aktivitasnya hanya dilakukan di dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis semut subterranean. Pengoleksian semut dilakukan di sekitar sarang rayap di Ranah Pesisir, Pesisir Selatan, telah dilaksanakan dari bulan oktober 2021 sampai bulan januari 2022. Penelitian ini menggunakan metode Subterranean trap dengan teknik pengambilan menggunakan perangkap bawah tanah. Subterranean trap dikubur sedalam 10 cm dan 25 cm selama 24 jam. Empat buah perangkap diletakkan dengan jarak 50 cm masing-masing pada satu gundukan sarang rayap. Pada penelitian ini didapatkan dua spesies, dua genera yang termasuk ke dalam dua subfamili (Formicinae dan Ponerinae) semut subterranean di sekitar sarang rayap. Spesies semut yang terbanyak ditemukan pada penelitian ini adalah Componotus sp. dengan jumlah 63 individu, disusul oleh Odontoponera denticulata sebanyak 37 individu. Jenis-jenis semut subterranean dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti suhu tanah, suhu udara dan kelembaban udara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSatria, RijalUNSPECIFIED
CorrectorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorNugraha, Fitra Arya DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Taksonomi, subterranean, sarang rayap
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:45
Last Modified: 13 Mar 2023 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42872

Actions (login required)

View Item View Item