Perkembangan Industri Rumah Tangga Kopi Bubuk di Nagari Koto Tuo , Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat Tahun 1979 – 2020

Wulandari, Yuria (2022) Perkembangan Industri Rumah Tangga Kopi Bubuk di Nagari Koto Tuo , Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat Tahun 1979 – 2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_YURIA_WULANDARI_18046045_7716_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan latar belakang munculnya industri rumah tangga kopi bubuk di Nagari Koto Tuo, dan menemukan perkembangan industri rumah tangga kopi bubuk di Nagari Koto Tuo serta dampaknya terhadap perekonomian masyarakat setempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan empat tahap metode penelitian yaitu: (1) heuristik yaitu kegiatan mengumpulkan sumber-sumber yang berhubungan dengan permasalahan. Sumber ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer ditelusuri di lembaga dan instansi yang terkait berupa arsip dan dokumen serta wawancara. Sumber sekunder adalah sumber yang berupa semua karya ilmiah. (2) kritik sumber meliputi kritik ektern dan kritik intern tahap pengujian terhadap sumber sejarah yang telah dikumpulkan dan dilihat dari sudut pandang nilai kebenaran. (3) interpretasi tahap untuk menentukan makna yang saling berhubungan antara data yang diperoleh dengan menyeleksi data yang diperoleh dan menentukan data yang relevan. (4) historiografi menyajikan hasil dalam bentuk cerita sejarah yang tersusun secara sistematis dan kronologis berupa deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Industri rumah tangga kopi bubuk di Nagari Koto Tuo telah ada sejak tahun 1979. Awalnya industri kopi bubuk ini dijalankan oleh keluarga Jarek warga nagari Koto Tuo. Melihat keberhasilan Jarek menjalankan usaha kopi bubuk ini, masyarakat setempat perlahan mulai mengikuti jejak Jarek dalam mengelolah kopi bubuk. Perkembangan industri rumah tangga kopi bubuk setiap tahunnya dapat dilihat dari perkembangan proses pengolahan kopi, dari pengolahan secara tradisional sampai menggunakan mesin yang meningkatkan jumlah produksi, permintaan pasar, tenaga kerja dan inovasi kemasan kopi serta pengurusan surat izin usaha. Perkembangan industri kopi bubuk memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat Nagari Koto Tuo terkhususnya bagi pelaku usaha dan tenaga kerja yang mendapatlan tambahan pemasukan biaya hidup sehari-hari dari produksi kopi bubuk tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHardi, EtmiUNSPECIFIED
CorrectorAsri, ZulUNSPECIFIED
CorrectorNajmi, NajmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INDUSTRI RUMAH TANGGA, KOPI BUBUK
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:56
Last Modified: 10 Mar 2023 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42854

Actions (login required)

View Item View Item