Pelatihan Pembuatan Penilaian Otentik bagi Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Padang

Fatimah, Sitti and Fitrawati, Fitrawati and Zainil, Yetti (2020) Pelatihan Pembuatan Penilaian Otentik bagi Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Padang. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 20 (2). pp. 110-117. ISSN Print: 1411-6960 dan Online: 2714-6766

[img]
Preview
Text
FITRAWATI_Article_Suluah_Bendang_SF_FW_YET_OK.pdf

Download (966kB) | Preview
Official URL: http://sulben.ppj.unp.ac.id/index.php/sulben/artic...

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengadakan pelatihan pembuatan penilaian otentik bagi guru-guru Bahasa Inggris SMP di kota Padang. Pelatihan ini diadakan di Forum MGMP (Majelis Guru Mata Pelajaran) yang melibatkan tiga orang dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Negeri Padang. Peserta diperkenalkan dengan berbagai bentuk penilaian otentik dan dilatih untuk membuat soal-soal ataupun tugas yang bersifat otentik yang dilakukan dengan latihan terbimbing dan mandiri. Pelatihan ini dilanjutkan melalui email dan aplikasi whats app dimana peserta pelatihan yang mewakili beberapa sekolah mengirimkan soal-soal yang dibuat berdasarkan konsep penilaian otentik. Soal tersebut kemudian dikoreksi dan diberikan masukan dan dikirimkan kembali kepada mereka supaya mereka dapat memperbaiki dan menggunakannya untuk menilai capaian pembelajaran siswa. Dari soal-soal yang dibuat oleh guru pada tahap awal latihan terbimbing masih banyak yang membuat secara tradisional atau belum menerapkan prinsip penilaian otentik. Namun pada tahap berikutnya sudah terlihat pemahaman sebagian guruguru tersebut

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:35
Last Modified: 10 Mar 2023 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42853

Actions (login required)

View Item View Item