Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pasaman

Pratiwi, Doni (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DONI_PRATIWI_18029133_3354.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika merupakan tolak ukur yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami konsep belajar. Namun pada kenyataannya, hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman belum tercapai secara maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung serta untuk mendeskripsikan pencapaian hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah gabungan dari penelitian deskriptif dan quasy eksperimen dengan rancangan Nonequivalent (Posttest Only) Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Analisis data dimulai dengan melakukan uji hipotesis 1 (uji normalitas) kelas sampel, uji hipotesis 2 (uji homogenitas variansi) kelas sampel serta dilanjutkan dengan melakukan uji hipotesis 3 (uji hipotesis) yang dilakukan dengan bantuan software Minitab. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pasaman. Hal ini disimpulkan berdasarkan uji hipotesis 3 dengan uji t yang menghasilkan P-value < taraf nyata 0,05 yaitu 0,000. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata 88,67, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 81,56. Selain itu, pencapaian nilai kuis hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen yang diperoleh yaitu rata-rata akhir 92,56, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:59
Last Modified: 10 Mar 2023 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42833

Actions (login required)

View Item View Item