Analisis Cluster Hierarki Metode Single Linkage pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Indikator Kesehatan

Thamrin, Diah Rahmahadi (2022) Analisis Cluster Hierarki Metode Single Linkage pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan Indikator Kesehatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DIAH_RAHMAHADI_THAMRIN_18030008_2440.pdf

Download (871kB) | Preview

Abstract

Indikator kesehatan merupakan variabel yang diperlukan sebagai patokan untuk mengetahui kondisi dan perubahan di bidang kesehatan. Indikator kesehatan sangat diperlukan oleh pemerintah untuk merencanakan pembangunan dibidang kesehatan agar mencapai hasil yang optimal sesuai dengan kondisi daerah masing- masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan kabupaten atau kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan indikator kesehatan dan menginterpretasikan karakteristik pada setiap cluster yang telah terbentuk. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dan jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Sumber data diambil dari Buku Publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat yang berjudul “Statistik kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020” . Variabel yang digunakan adalah jumlah penduduk yang mempunyai keluhan kesehatan, jumlah penduduk yang mempunyai keluhan kesehatan dan berobat jalan, jumlah penduduk yang pernah rawat inap, jumlah penduduk yang menggunakan jaminan kesehatan untuk rawat inap, dan rata-rata lama rawat inap. Metode analisis yang digunakan adalah analisis cluster hierarki metode single linkage. Hasil pengelompokkan pada penelitian ini terdapat lima cluster yang memiliki karakteristik berbeda. Cluster pertama terdiri dari satu kabupaten yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai yang termasuk daerah tingkat kesehatan tergolong tinggi. Cluster kedua terdiri dari 12 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan, Kota Sawahlunto, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Solok dan Kota Padang Panjang termasuk daerah dengan tingkat kesehatan tergolong sedang. Cluster ketiga terdiri dari 4 kabupaten yaitu Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Sijunjung termasuk daerah dengan tingkat kesehatan tergolong rendah. Cluster keempat terdiri dari 1 kota yaitu Kota Pariaman termasuk daerah dengan tingkat kesehatan tergolong tinggi. Cluster kelima terdiri dari 1 kota yaitu Kota Padang termasuk daerah dengan tingkat kesehatan tergolong rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Indikator Kesehatan, Analisis Cluster Hierarki, Single Linkage
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:52
Last Modified: 10 Mar 2023 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/42830

Actions (login required)

View Item View Item